Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembagian Kata Dalam Bahasa Arab

pembagian kata dalam bahasa arab

Hai semuanya, selamat datang diblog saya, semoga kalian betah membaca artikel-artikel yang ada. Disini saya kita akan belajar tata bahasa arab dari nol, yakni mulai pembagian kata dalam bahasa arab atau macam-macam kata (kata dalam bahasa arab disebut
kalimah).

Setelah meneliti teks teks bahasa arab, para ulama’ dalam bidang tersebut berkesimpulan bahwa kata dalam bahasa arab hanya ada 3 macam saja. yaitu kata kerja ( الْفِعْلُ ), kata benda ( الإِسْمُ ), dan kata huruf ( الْحَرْفُ ).

Isim (Kata benda)

Macam yang pertama adalah isim (kata benda). Pada dasarnya isim bukan hanya mencakup kata benda saja, namun untuk memudahkan bagi pemula untuk memahaminya, maka kita sebut saja dengan kata benda. Adapun pengertian isim adalah

الإسم هو كلمة دلت على معنى و لا تقترن بزمن                     

Artinya: Isim adalah kata yang menunjukkan sebuah arti, dan ia tidak terikat dengan waktu

Adapun contoh isim adalah sebagai berikut:

Rumah

بَيْتٌ

Qasim

قَاسِمٌ

Bagus

جَمِيْلٌ

Kalian bisa membaca pembahasan tentang isim yang lebih lengkap di artikel yang telah saya tulis dengan judul pengertian isim, tanda tandanya dan contohnya.   

Fi’il (kata kerja)

Jenis kata yang kedua adalah fi’il atau kata kerja, yakni sebuah kata yang menunjukkan suatu pekerjaan. Adapun pengertiannya menurut para ahli bahasa arab adalah sebagai berikut:

الفعل هو كلمة دلت على معنى واقترنت بزمن

Artinya: Fi’il adalah kata yang menunjukkan sebuah arti, dan ia terikat dengan waktu. Atau dalam istilah bahasa indonesianya, ia disebut kata kerja 

Contoh fi’il

Telah memukul

ضَرَبَ

Telah makan

أَكَلَ

Telah berkata

قَالَ

Yang dimaksud terikat dengan waktu adalah, pekerjaan itu pasti di kerjakan disebuah waktu, entah itu waktu lampau, atau waktu sekarang, ataupun waktu yang akan datang. Jadi misalnya kita menyebut kata kerja “makan” maka akan terpintas di pikiran kita, pekerjaan itu kapan dilakukan? Sudah dilakukan atau belum dilakukan?. Berbeda jika kita menyebut isim, misalnya “muhammad” maka tidak akan terpintas di pikiran kita mengenai waktu, muhammad sekarang atau muhammad yang akan datang?. Muhammad ya muhammad, ia tidak terikat dengan waktu. 

Kalian bisa membaca pembahasan tentang fi'il yang lebih lengkap di artikel yang telah saya tulis dengan judul Fi'il | Pengertiannya, contohnya dan tanda tandanya.

Huruf (huruf ma’ani)

Jenis kata yang ketiga adalah huruf, maksudnya adalah bukan seperti huruf yang kita ketahui seperti a,b,c,d….tetapi huruf yang mempunyai arti. Contohnya adalah seperti berikut:

Dari

مِنْ

Ke

إِلَى

Dan

وَ

Kalian bisa membaca pembahasan tentang fi'il yang lebih lengkap di artikel yang telah saya tulis dengan judul Pengertian Huruf Ma'ani dan Contohnya.

Cukup sekian pembahasan mengenai pembagian kata dalam bahasa arab atau macam-macam kata dalam bahasa arab (kalimah). Semoga bermanfaat, tetap semangat untuk belajar.

Posting Komentar untuk "Pembagian Kata Dalam Bahasa Arab"